INFO KESEHATAN

Rabu, Juli 15, 2009


HEALTHY HABITS KUNCI HIDUP SEHAT
SEHAT, PENUH ENERGI, SEMANGAT, FIT DAN BEBAS PENYAKIT TENTUNYA MENJADI IDAMAN SEMUA ORANG. ITU SEMUA TIDAK BISA TERCAPAI DALAM USAHA YANG SINGKA, TAPI HARUS MELALUI USAHA YANG TERUS-MENERUS DAN KONSISTEN. ARTINYA KITA HARUS BISA MENGATUR DIRI UNTUK MENGADOPSI HEALTHY HABITS DALAM KESEHARIAN KITA


Good & Healthy Habits
Diet lebih ketat, olahraga setiap hari, berhenti melakukan kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan setumpuk resolusi lainnya adalah janji yang sering dilontarkan pada diri sendiri setiap kalinya. Namun ujung-ujungnya janji hanya tinggal janji karena semua hal tersebut hanya jadi lip service saja. Sesulit itukah menanamkan Healthy Habits alias kebiasaan hidup sehat?
Hidup sehat tentunya jadi keinginan kita semua. Namun sepertinya seringkali kita lupa bahwa untuk hidup sehat artinya kita harus bisa memprogram diri sendiri untuk disiplin menerapkan kebiasaan hidup sehat. Sebenarnya beradaptasi untuk menjalani kebisaan hidup sehat tidak perlu banyak aturan. Semuanya bisa kita lakukan sambil menjalankan rutinitas sehari-hari. Kuncinya adalah lakukan kebiasaan ini secara bertahap tanpa beban.

1. Disiplin Diri
Disiplin diri adalah langkah awal untuk menjalankan kebisaan hidup sehat. Kita harus sadar dulu dan memberi penekanan pada diri sendiri untuk konsisten dan tidak on & off saat menjalankan kebiasaan sehat, maka langkah berikutnya akan lebih mudah.
2. Tentukan Target
Pastikan target yang anda capai. Kalau sudah jelas sasarannya, kita bisa lebih fokus dan ringan mengadopsi kebiasaan hidup sehat tersebut dalam keseharian kita.
3. Buat Reminder
Agar lebih mantap lagi, tulis note dalam agenda atau reminder dalam hp untuk mengingatkan kembali Healthy Habits yang harus kita lakukan sehari-hari. Misal : jangan lupa sit up, minum vitamin pagi, perbanyak minum air putih, yoga pulang kantor, dll.
Kalau tiga kartu As tadi sudah di tangan, maka langkah Anda semakin ringan menuju hidup sehat mind, body & soul. Good luck!
Healthy Habits di Manca Negara

1. Cina & Yunani
Penduduk Cina memiliki kebiasaan hidup sehat berupa tradisi diet dimana konsumsi utamanya adalah sayuran, buah-buahan, gandum. Sementara di Yunani sayuran dan sayuran dari kacang adalah makanan utama bukan side dish (makanan pendamping). Mengkonsumsi sayuran secara rutin mengurangi resiko berbagai penyakit jantung, kanker dan hati.
2. Jepang
Kebiasaan hidup sehat penduduk Jepang adalah budaya minum teh yang merupakan tradisi ceremonial. Dinamakan upacara teh (chadou). Dalam percakapan sehari-hari di Jepang, upacara minum teh cukup disebut sebagai ocha (teh). Istilah ocha no keiko bisa berarti belajar mempraktekkan tata krama penyajian teh atau belajar etiket sebagai tamu dalam upacara minum teh.
3. Perancis
Penduduk Perancis punya kebiasaan hidup sehat lain lagi yaitu makan makanan dalam porsi yang sedikit. Kebisaan hidup sehat ini menunjukkan bahwa makan dalam porsi yang lebih sedikit dan teratur membantu menjaga keseimbangan kesehatan tubuh. Intinya tidak perlu berlebihan dan berhentilah sebelum benar-benar kenyang.
4. India
Spice up your life dengan Healthy Habits ala penduduk India. Rempah-rempah dan aneka bumbu yang bisa kita temui dalam berbagai hidangan khas India ternyata tidak hanya menambah rasa. Aneka rempah seperti kayu manis, bawang putih, kunyit bisa juga mengobati berbagai penyakit seperti mengurangi kolesterol, penyakit gula & lain-lainnya.


Hidup sehat harus diawali dengan kebiasaan hidup yang baik. Kebiasaan baik seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Tapi bukan berarti kita harus jadi vegetarianyang anti daging. Kuncinya adalah kita ahrus bisa memadukan sayuran dalam menu kita sehari-hari. Berikut beberapa resep yang mungkin bisa menjadi inspirasi makanan lezat namun tetap sehat.


Brokoli cah ayam
Bahan:
• Brokoli
• Dada ayam ayng udah dipotong kecil dan tanpa tulang
• Minyak wijen
• Garam (dikit banget)
• Kecap kikoman
• Wortel
• Jamur kancing potong 2
• Brambang timur
• Saus tirem
• Pati 1 sendok the
Cara buatnya:
1) Rebus brokoli dengan sedikit garam dan minyak wijen. Setelah berubah garam ini hanyawarna langsung tiriskan. (jangan terlalu matang ya). sebagai trik agar brokoli tetap hijau menarik.
2) Campurkan ayam dengan kecap kikoman, minyak wijen, wortel, jamur kancing, dan 1 sendok teh pati (ini supaya ada kental2nya dikit).
3) Tumis brambang timur dengan minyak wijen, setelah layu lalu masukin daging ayam yang udah dicampur2 tersebut. Bumbui dengan saus tiram, lalu tambahin air dikit aja.
4) Campuran ayam yang udah ditumis tersebut dituangkan diatas brokoli yang udah ditata diatas piring.
5) Jadi dah masakan yang sehat en nikmat.

Stik salmon dgn madu
Bahan:
• 1 potong salmon ukuran sedang
• Kecap kikoman
• Minyak wijen
• Kecap ikan
• Saus tiram
• Arak secukupnya
• Bawang putih
• Bawang bombai iris panjang-panjang
• Madu (untuk olesan)
• Sayuran seperti brokoli, buncir, wortel, atau kacang polong.
Cara buatnya:
1) Bumbui salmon dengan seluruh bahan kecuali madu dan sayuran. Rendam semalaman biar bumbu meresap.
2) Angkat salmon tersebut tanpa disertai bumbu, olesi dengan madu ditiap sisi salmonnya.
3) Taruh diatas Teflon yang anti lengket atau dlm hal ini rice cooker (utk saya sendiri). Perhatikan: Jangan gunakan Teflon yang kwalitasnya kurang baik.
4) Setelah berwarna kecoklatan, taruh salmon diatas piring.
5) Bumbu perendam yang buat ngerendam salmon jangan dibuang, kasih air dikit, dan aduk. Masukkan sayuran tersebut, panaskan hingga sayur dan kuah bumbu dirasa cukup hangat dan matang (tapi jangan terlalu matang sayurnya), siram diatas stik salmon.
6) Hidangkan.

Sup talas
Bahan :
* Minyak wijen
* Bawang putih haluskan
* Daun bawang iris kecil
* air kaldu (dari ayam aja)
* Talas potong dadu
* Wortel
* Jamur kancing belah dua
* Kembang tahu potong, tapi jangan terlalu kecil
* merica bubuk
* pala bubuk
* Kecap kikoman
* Ikan salmon potong kecil
* susu evaporated (susu ultra kardus yang tanpa gula ya)
* daun seledri iris

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak wijen, tumis bawang putih sampai agak layu. Masukkan bawang daun,
aduk hingga agak layu. Tuangi air, masukkan talas. Tutup panci, masak
sampai mendidih dan talas matang.
2. Masukkan wortel dan jamur dan kembang tahu, dan ikan salmon, Bubuhi merica bubuk, pala serta kecap kikoman. Masak sampai talas empuk. Angkat
dari api.
3. Tuangkan susu sambil diaduk-aduk. Taburi daun seledri
iris.
4. Udah jadi deh
Read More ..